Home » , , , » Kisah Kesuksesan Aburizal Bakrie Dalam Menjalankan Bisnis

Kisah Kesuksesan Aburizal Bakrie Dalam Menjalankan Bisnis

 Hai blogger, setiap para pengusaha pasti telah memiliki cerita tersendiri selama membangun usahanya. Begitu juga dengan Aburizal Bakrie. Siapa yang tidak mengenal Aburizal Bakrie? ya, konglomerat yang berasal dari tanah air ini merupakan orang terkaya se-Indonesia. Disini saya akan memberikan sebuah kisah tentang Aburizal Bakrie. Berikut Kisah Kesuksesan Aburizal Bakrie Dalam Menjalankan Bisnis.


Aburizal Bakrie dikenal sebagai salah satu tokoh politik dan sempat menjadi calon presiden 2004.  Sebelumnya, pria kelahiran Jakarta 15 November 1946 ini juga pernal dua kali menjabat sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) pada periode 1994-1999 dan 1999-2004. Selain itu, ia menjadi Menko Perekonomian, dan selanjutnya menjabat menjadi Menko Kesra periode 2004-2009.

Pada tahun 2007, Aburizal Bakrie dinobatkan sebagai orang terkaya se-Indonesia dan se-Asia Tenggara oleh majalah Forbes Asia. Hal ini tentunya membanggakan karena gelar orang terkaya se-Asia ini untuk pertama kalinya didapatkan oleh orang Indonesia.

Pria yang kerap disapa dengan sebutan Ical ini mempunyai beragam bidang bisnis atau usaha yaitu media massa (TV One), minyak, properti, telekomunikasi, pertambangan batubara, dan perkebunan. Ia kemudian memimpin Bakrie Grup, sebuah bisnis yang dirintis oleh almarhum ayahnya.

Bisnis milik ayahnya ini berawal dari perdagangan hasil perkebunan dan rempah-rempah, khususnya dari Lampung. Dengan kepandaian mengelola asset termasuk juga mengelola modal yang berasal dari pinjaman, Aburizal kemudian membangun usaha demi usaha sehingga usahanya menjadi besar, tidak hanya sebatas perdagangan hasil perkebunan dan rempah namun mulai merambah ke bisnis property, telekomunikasi, saham, dan lain-lain.

Beberapa perusahaan Aburizal dengan berbagai usaha diantaranya adalah PT Energi Mega Persada, PT Bakrieland Development (di bidang property), PT Bakrie Sumatra Plantations ( di bidang perkebunan), PT Bakrie & Brothers dan PT Bakrie Telecom ( di bidang komunikasi). Apakah Anda pernah mendengar perusahaan operator seluler Esia? perusahaan ini juga salah satu perusahaan yang dimiliki oleh Aburizal.


Selama membangun usahanya setiap pengusaha pasti memiliki cerita tersendiri. Suka duka dalam menjalankan usaha menjadi kisah yang menarik tersendiri dan akan menjadi inspirasi bagi banyak orang. Sebagai seorang pengusaha nasional yang pernah dinominasikan sebagai orang terkaya di Indonesia bahkan se-Asia tersebut, Aburizal juga pernah mengalami jatuh dan bangun dalam mengelola bisnisnya.

Pada tahun 1998, saat terjadi krisis ekonomi yang sedang melanda Indonesia bahkan melanda juga keseluruh dunia. Aburizal dililit hutang triliunan rupiah karena mengalami kerugian yang sangat besar. Padahal, aset yang dimiliki Aburizal hanya bernilai miliaran rupiah saja, Aburizal juga mendapatkan permasalahan dengan perbankan yang sudah tidak lagi mempercayainya.

Namun setelah 10 tahun kemudian, yaitu pada tahun 2007-2008, Aburizal dapat kembali bangkit dan membangun kembali bisnisnya hingga akhirnya Aburizal mendapatkan penghargaan dari Globe Asia dan majalah Forbes. Karena selain Aburizal dapat keluar dari krisis yang melanda, perusahaannya juga telah berhasil membukukan kekayaan yang sangat luar biasa, bahkan telah tercatatan kekayaan Aburizal saat itu hingga mencapai 9,2 miliar dollar AS atau sama dengan 84,6 triliun.

Walaupun saat ini salah satu perusahaan Aburizal , PT Lapindo Brantas masih memiliki masalah yang serius dengan semburan lumpur panas yang telah menenggelamkan beberapa kawasan di Sidoarjo, Jawa Timur, namun grup perusahaan Bakrie yang didirikannya masih tangguh dan bisnis yang dijalankan seperti tidak terpengaruh dengan insiden tersebut.


Mengapa Aburizal dapat memiliki beragam bidang usaha dan sukses? hal ini disebabkan karena Aburizal sangat pandai dalam mengambil keputusan dengan membaca peluang dan waktu. Kunci kesuksesan lainnya adalah karena kepandaiannya mengelola manajemen terlebih lagi Aburizal tidak segan-segan merekrut tenaga professional dari dalam ataupun luar negeri agar dapat berada dalam top management perusahaan. Menurut ahli ekonomi, Aburizal sangat mampu menggabungkan tiga hal penting dalam pengelolaan bisnis, yakni keberuntungan, sukses menjalin kedekatan dengan lingkaran kekuasaan dan kepiawaian membaca pasar.

Sekian penjelasan mengenai kisah kesuksesan Aburizal Bakrie yang dapat saya sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.
Jika anda ingin memulai usaha rumahan, anda bisa lihat di Usaha Rumahan Hasil Puluhan juta. Baca juga Pria Muda Yang Sukses Menjalankan Bisnis.

1 komentar:

  1. Terimakasih artikel bisnisnya sangat inspiratif dan bermanfaat. Salam kenal Saya distributor Skincare Melilea Botanical suka sekali artikel tentang bisnis, dan peluang usaha dan bisnis

    BalasHapus